Cara Mengatasi Whatsapp Sering Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Whatsapp Sering Keluar Sendiri


Sering kesal menggunakan WhatsApp karena aplikasi error seperti sering keluar sendiri? Bagaimana cara mengatasi WhatsApp sering keluar sendiri ini supaya kamu bisa lebih lancar berkomunikasi? 

Sebagai aplikasi pesan yang banyak digunakan, tentu akan sangat mengganggu pekerjaan jika aplikasi ini mengalami kerusakan. Apalagi jika kamu harus sering menggunakannya untuk video call. Kenali apa penyebab dan cara mengatasinya ini. 

Cara Mengatasi WhatsApp Keluar Sendiri di Hp Kamu

Dibandingkan dengan aplikasi chat seperti Kakaopage atau Line, di Indonesia masyarakat lebih cenderung memilih WhatsApp. Kamu bisa saling bertukar pesan teks, audio hingga video call dengan lebih murah. 

Sayangnya meskipun banyak fungsi namun WhatsApp juga sering mengalami kerusakan. Mulai dari aplikasi yang lambat mengirim pesan atau aplikasi yang keluar sendiri sehingga kamu sama sekali tidak bisa menggunakannya. 

Memiliki peran yang sangat krusial, kamu harus tahu bagaimana cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Terutama ketika WA kerap keluar sendiri padahal kamu belum selesai mengirim pesan. 

Beberapa cara mengatasi berikut ini bisa jadi solusi yang dilakukan sendiri. 

1. Rutin Membersihkan Cache dan Aplikasi yang Tidak Digunakan 

Kamu mungkin sudah membeli hp android dengan RAM dan memori internal besar. Mengingat spek hp yang bagus tentu saja tidak menjadi masalah untuk membuka aplikasi ringan seperti WA. 

Sayangnya hal tersebut bisa saja bermasalah jika kamu tidak rutin menghapus cache dan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Pasalnya cache dan aplikasi tersebut akan membuat RAM bekerja lebih keras. 

Khususnya aplikasi berupa game yang beratnya lebih dari 1 GB dan kamu membukanya bersamaan dengan WA. Sebaiknya hapus secara rutin cache dan aplikasi yang jarang digunakan tersebut untuk meringankan kinerja RAM. 

2. Pastikan Koneksi Internet Harus Stabil 

Penyebab lain WA sering keluar adalah internet yang kamu gunakan tidak stabil. Misalnya kamu terhubung dengan WiFi di cafe yang notabene sedang ramai. 

Sudah pasti ada banyak pengunjung yang juga mengakses WiFi sehingga jaringan pun saling berebut. Jaringan yang tidak stabil inilah membuat WA tidak bekerja maksimal. 

Jadi sebaiknya kamu mengubah pada jaringan kuota sendiri. Jika perlu kamu bisa tinggal mencari jaringan WiFi yang jauh lebih cepat dan juga stabil. 

3. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp 

Jaringan stabil dan kamu sudah menghapus cache secara rutin, lalu apa masalahnya? Mungkin saja terdapat masalah pada sistem WhatsApp atau ponsel yang kamu gunakan. 

Cara satu-satunya untuk bisa mengembalikan kinerja aplikasi adalah dengan instal ulang. Pastikan selama instal ulang ini kamu sudah backup data chat ke Google Drive sehingga aman. 

Baru setelah itu hapus aplikasinya dan instal kembali melalui Play Store. Hindari menggunakan toko aplikasi lain karena tidak terjamin keamanannya. 

Tunggu sampai WhatsApp pulih kembali dan masalah WA yang sering keluar bisa teratasi. Kamu bisa melakukan cara ini setiap kali aplikasi bermasalah. 

4. Restart Ponsel 

Aplikasi tidak bermasalah, tapi kamu merasa ponsel rusak. Misalnya saja kejadian aplikasi sering keluar tidak hanya terjadi di WhatsApp saja. 

Kamu yang sedang menggunakan Instagram, Facebook atau aplikasi lainnya juga sering mengalami gejala yang sama. Bisa jadi kerusakan terdapat pada ponsel atau perangkat dalam ponsel. 

Cara mengatasinya adalah dengan restart ponsel android atau iphone kamu. Restart menjadi jalan keluar yang cukup efektif untuk memulai ulang sistem pada ponsel. 

Apabila masalah yang dialami masih sama, mungkin saja terdapat perangkat keras yang rusak. Jika hal ini terjadi lebih baik kamu bisa pergi ke customer service sesuai merk ponsel untuk diperbaiki. 

5. Sudahkah Kamu Menggunakan Aplikasi Versi Terbaru? 

Selanjutnya adalah mengecek ulang apakah versi WA yang kamu gunakan. Apakah kamu masih menggunakan versi beta, versi lama atau yang terbaru. 

Selama kamu masih menggunakan WA dengan versi beta atau lama maka akan sering terjadi masalah seperti aplikasi yang keluar sendiri. Sangat disarankan untuk menggunakan WA versi yang terbaru. 

Kamu bisa memperbarui WA ini melalui Play Store. Bahkan pada saat instal ulang biasanya akan langsung diperbarui ke versi yang baru, selama kamu menggunakan toko aplikasi aman. 

6. Gunakan Sistem Android sesuai Anjuran WhatsApp 

Pada beberapa ponsel android WA sama sekali tidak bisa digunakan. Penyebabnya adalah sistem android yang digunakan sudah terlalu usang. 

WhatsApp selalu memperbarui ketentuan sistem android yang bisa menggunakan aplikasinya. Sampai saat ini setidaknya kamu harus menggunakan ponsel dengan sistem android 4.1. 

Apabila kamu masih menggunakan sistem yang lebih lama dari itu maka WA akan mengalami masalah bahkan tidak bisa diinstal sama sekali. Solusinya pastikan kamu menggunakan ponsel sesuai sistem yang disarankan. 

7. Menghapus Riwayat Chat di WA 

Masih banyak yang tidak sadar bahwa semakin banyak chat di WA akan membuat ponsel bekerja dua kali lebih keras untuk membukanya. Beban RAM akan jauh lebih berat. 

Chat paling banyak biasanya berasal dari WhatsApp grup. Bagi kamu yang selama ini menyimpan ratusan hingga ribuan chat sebaiknya mulai membersihkannya satu per satu. 

Ponsel pun akan bekerja lebih ringan dibandingkan dengan WA yang memiliki chat berlebihan. Supaya chat penting tidak hilang kamu bisa mencadangkannya terlebih dahulu. 

8. Restart Aplikasi Whatsapp

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan fitur Paksa Berhenti pada HP kamu.

Setelah itu cobalah untuk membuka ulang aplikasi tersebut.

Semua cara mengatasi WhatsApp sering keluar sendiri ini bisa kamu coba satu per satu dan cari tahu apa penyebab utamanya. Selama kamu tahu penyebabnya maka akan lebih cepat untuk mengatasinya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Daftar Menu GoFood Tidak Muncul

Cara Proses Mendapatkan Saham Driver Gojek Gratis